1. Berdsarkan gambar dibawah ini,
analisislah posisi media dalam proses pembelajaran ?
Jawab
:
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat,
pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.
menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat,
pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.
media
pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen
sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses
pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara
optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.
Posisi media pembelajaran sebagai komponen komunikasi
Dalam
kegiatan interaksi antara siswa dengan lingkungan, fungsi media dapat
diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan yang mungkin timbul
dalam proses pembelajaran.
diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan yang mungkin timbul
dalam proses pembelajaran.
Dari
gambar diatas media adalah hal yang sangat penting sebagai alat komunikasi
denga siswa agar cepat mengerti dari apa yang disampaikan oleh guru, ide yang
ada pada guru dituangkan dalam sebuah media kemudian dijelaskan dengan
penafsiran yang dapat dimengerti sehingga siswa dapat memberikan umpan balik
kepada guru agar muncul ide baru.
2. Jika
anda seorang guru professional yang akan melakukan pembelajaran disebuah
sekolah percontohan didaerah terpencil, tahapan apa yang akan anda lakukan agar
siswa belajar penuh semangat mengikuti pembelajaran yang anda lakukan dengan
mengacu pada teori yang sudah dipelajari, dan anda dalam pembelajaran tersebut
selalu melibatkan media pembelajaran, jelaskan!
Jawab :
Ada beberapa catatan penting untuk
selalu kita ketahui
a. Guru
seyogyanya selalu melakukan eksperimen
Menurut hemat kita, tidak ada guru
yang hebat dan pintar untuk memberikan solusi ataupun mencari solusi terhadap
persoalan pembelajaran, kecuali guru yang selalu berusaha dan bereksperimen
mengatasi problem belajar sesuai karakter mata pelajaran yang diampunya.
Mengapa begitu? Meskipun guru telah mengajar, sesungguhnya saat itulah guru sedang belajar.
b. Guru
seyogyanya selalu memikat siswa
Pada umumnya, jika siswa sudah
tertarik dengan gurunya lambat laun siswa juga akan tertarik kepada mata
pelajaran yang menjadi bimbingannya. Barangkali tidak ada salahnya kalau kita
meniru model seorang sales dalam mempromosikan barang dagangannya.
Penampilannya, cara dan gaya bahasa dalam berbicara sungguh memikat hati.
Lama-lama dekat dengan sales perempuan, kita bakal tertarik dengan barang
dagangannya.
Intinya, kita perlu berusaha untuk
berpenampilan menarik, agak humoris namun tegas dalam mengambil tindakan di
dalam kelas. Anak-anak sekarang sepertinya tertarik pada guru yang humoris,
penuh variasi dalam mengajar. Variasi disini boleh saja gaya bicara dan bahasa,
mimik dan ekspresi. Tentunya yang tak kalah pentingnya adalah, guru mampu
meredam emosi saat menghadapi siswa yang berprilaku menyimpang. Justru siswa
demikian merasa dihargai oleh guru dan berusaha untuk tidak berbuat lagi.
c. Guru
adalah seniman
Mengajar adalah seni, maka kita
katakan guru sebagai seorang seniman. Seyogyanya kita berusaha menampilkan
sesuatu yang indah dan menarik perhatian siswa. Akting guru di depan kelas
sering membuat siswa antusias belajar meskipun yang diajarkan itu mata
pelajaran yang dianggap sukar.
d. Yang
dimiliki guru saat mengajar adalah media
Apa yang dipakai dan dimiliki guru
saat mengajar sesungguhnya adalah Media Belajar. Media penyampai informasi kepada
siswa. Mulai dari ujung rambut sampai
ujung sepatu guru. Rambut, jam tangan, kaca mata, tas, seragam dinas, dan lain
sebagainya bisa dijadikan media. Sekadar contoh kecil, rambut, untuk pelajaran
fisika bisa digunakan sebagai media listrik statis. Dalam bahasa Inggris,
mungkin apa yang dimiliki guru tersebut sesuai untuk menambah kosa kata.
Otomatis siswa akan belajar dan memperhatikan bagaimana rambut guru yang sedang
mengajar atau rambut teman yang laki-laki.
3. Jika
anda adalah Guru fisika di Sekolah daerah terpencil dengan semangat siswa untuk
belajar Fisika sangat rendah. Media pembelajaran apa yang harus anda gunakan
untuk membuat siswa semangat belajar dan tertarik terhadap pelajaran Fisika?
Jelaskan mengapa anda memilih media tersebut berdasarkan modalitas belajar
siswa! (jenjang sekolah dan pokok bahasan tentukan sendiri)
Jawab
:
Pada
dasarnya hal ini tidak jauh dengan metode dan konsep seperti point 2 diatas, Cuma
lebih ditekankan pada Media pembelajaran, Media yang saya gunakan adalah media
pembelajaran Animasi yang berisi kumpulan gambar yang di olah sedemikian rupa
sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio sehingga berkesan
hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran. Karena dengan media animasi
dapat memvariasikan pelajaran fisika sehingga tercipta suasana belajar yang
menyenangkan dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa terhadap pelajaran
fisika.
Jenjang
sekolah yaitu SMP pada pokok bahasan Tekanan Pada Zat Padat. Pada media
pembelajaran animasi, saya memberikan animasi 2 buah paku. Yang luas
permukaannya tumpul dan yang satunya
lagi luas permukaannya lancip, palu dan balok. Ketika di beri gaya yang sama
paku manakah yang akan menembus balok lebih dalam. Dari media animasi tersebut
siswa pasti bisa menjawab pertanyaan itu. Dan siswa pasti akan senang belajar Fisika
dan lebih semangat lagi dalam belajar Fisika karena tidak membosankan justru
menyeangkan karena tidak hanya cenderung pada rumus yang menakutkan dan
membosankan. Tujuan dari media animasi tekanan pada zat padat tersebut adalah
untuk mengetahui perbedaan tekanan suatu benda dengan bidang tertentu dan luas
penampang yang berbeda.
Saya
lebih tertarik mengambil metode pembelajaran diatas karena hal itu sangat
mendukung dalam penyampaian materi di dalam kelas yang bisa membuat siswa
tertarik dan senang dalam pelajaran fisika pokok bahasan Tekanan pada zat
padat, karena dengan sebuah media siswa akan memahami dan mengerti konsep dan
teori pada bahasan tersebut.
SEMOGA BERMANFAAT .....
0 komentar:
Posting Komentar