PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

Posted by


1. Berdsarkan gambar dibawah ini, analisislah posisi media dalam proses pembelajaran ?



Jawab :
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat,
pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.
media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Posisi media pembelajaran sebagai komponen komunikasi
Dalam kegiatan interaksi antara siswa dengan lingkungan, fungsi media dapat
diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan yang mungkin timbul
dalam proses pembelajaran.
Dari gambar diatas media adalah hal yang sangat penting sebagai alat komunikasi denga siswa agar cepat mengerti dari apa yang disampaikan oleh guru, ide yang ada pada guru dituangkan dalam sebuah media kemudian dijelaskan dengan penafsiran yang dapat dimengerti sehingga siswa dapat memberikan umpan balik kepada guru agar muncul ide baru.

    2. Jika anda seorang guru professional yang akan melakukan pembelajaran disebuah sekolah percontohan didaerah terpencil, tahapan apa yang akan anda lakukan agar siswa belajar penuh semangat mengikuti pembelajaran yang anda lakukan dengan mengacu pada teori yang sudah dipelajari, dan anda dalam pembelajaran tersebut selalu melibatkan media pembelajaran, jelaskan!
Jawab :
Ada beberapa catatan penting untuk selalu kita ketahui
      a. Guru seyogyanya selalu melakukan eksperimen
Menurut hemat kita, tidak ada guru yang hebat dan pintar untuk memberikan solusi ataupun mencari solusi terhadap persoalan pembelajaran, kecuali guru yang selalu berusaha dan bereksperimen mengatasi problem belajar sesuai karakter mata pelajaran yang diampunya. Mengapa begitu? Meskipun guru telah mengajar, sesungguhnya saat itulah guru sedang belajar.
       b. Guru seyogyanya selalu memikat siswa
Pada umumnya, jika siswa sudah tertarik dengan gurunya lambat laun siswa juga akan tertarik kepada mata pelajaran yang menjadi bimbingannya. Barangkali tidak ada salahnya kalau kita meniru model seorang sales dalam mempromosikan barang dagangannya. Penampilannya, cara dan gaya bahasa dalam berbicara sungguh memikat hati. Lama-lama dekat dengan sales perempuan, kita bakal tertarik dengan barang dagangannya.
Intinya, kita perlu berusaha untuk berpenampilan menarik, agak humoris namun tegas dalam mengambil tindakan di dalam kelas. Anak-anak sekarang sepertinya tertarik pada guru yang humoris, penuh variasi dalam mengajar. Variasi disini boleh saja gaya bicara dan bahasa, mimik dan ekspresi. Tentunya yang tak kalah pentingnya adalah, guru mampu meredam emosi saat menghadapi siswa yang berprilaku menyimpang. Justru siswa demikian merasa dihargai oleh guru dan berusaha untuk tidak berbuat lagi.
       c. Guru adalah seniman
Mengajar adalah seni, maka kita katakan guru sebagai seorang seniman. Seyogyanya kita berusaha menampilkan sesuatu yang indah dan menarik perhatian siswa. Akting guru di depan kelas sering membuat siswa antusias belajar meskipun yang diajarkan itu mata pelajaran yang dianggap sukar.
       d. Yang dimiliki guru saat mengajar adalah media
Apa yang dipakai dan dimiliki guru saat mengajar sesungguhnya adalah Media Belajar. Media penyampai informasi kepada siswa.  Mulai dari ujung rambut sampai ujung sepatu guru. Rambut, jam tangan, kaca mata, tas, seragam dinas, dan lain sebagainya bisa dijadikan media. Sekadar contoh kecil, rambut, untuk pelajaran fisika bisa digunakan sebagai media listrik statis. Dalam bahasa Inggris, mungkin apa yang dimiliki guru tersebut sesuai untuk menambah kosa kata. Otomatis siswa akan belajar dan memperhatikan bagaimana rambut guru yang sedang mengajar atau rambut teman yang laki-laki.
      3. Jika anda adalah Guru fisika di Sekolah daerah terpencil dengan semangat siswa untuk belajar Fisika sangat rendah. Media pembelajaran apa yang harus anda gunakan untuk membuat siswa semangat belajar dan tertarik terhadap pelajaran Fisika? Jelaskan mengapa anda memilih media tersebut berdasarkan modalitas belajar siswa! (jenjang sekolah dan pokok bahasan tentukan sendiri)
Jawab :
Pada dasarnya hal ini tidak jauh dengan metode dan konsep seperti point 2 diatas, Cuma lebih ditekankan pada Media pembelajaran, Media yang saya gunakan adalah media pembelajaran Animasi yang berisi kumpulan gambar yang di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio sehingga berkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran. Karena dengan media animasi dapat memvariasikan pelajaran fisika sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa terhadap pelajaran fisika. 
Jenjang sekolah yaitu SMP pada pokok bahasan Tekanan Pada Zat Padat. Pada media pembelajaran animasi, saya memberikan animasi 2 buah paku. Yang luas permukaannya tumpul  dan yang satunya lagi luas permukaannya lancip, palu dan balok. Ketika di beri gaya yang sama paku manakah yang akan menembus balok lebih dalam. Dari media animasi tersebut siswa pasti bisa menjawab pertanyaan itu. Dan siswa pasti akan senang belajar Fisika dan lebih semangat lagi dalam belajar Fisika karena tidak membosankan justru menyeangkan karena tidak hanya cenderung pada rumus yang menakutkan dan membosankan. Tujuan dari media animasi tekanan pada zat padat tersebut adalah untuk mengetahui perbedaan tekanan suatu benda dengan bidang tertentu dan luas penampang yang berbeda.
Saya lebih tertarik mengambil metode pembelajaran diatas karena hal itu sangat mendukung dalam penyampaian materi di dalam kelas yang bisa membuat siswa tertarik dan senang dalam pelajaran fisika pokok bahasan Tekanan pada zat padat, karena dengan sebuah media siswa akan memahami dan mengerti konsep dan teori pada bahasan tersebut.

SEMOGA BERMANFAAT .....


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 16.48

0 komentar:

Posting Komentar